INFO TERKINI
Home » » Bank Sampah Cahaya ,Kelola Sampah Berbasis Masyarakat

Bank Sampah Cahaya ,Kelola Sampah Berbasis Masyarakat

   Pengurus Bank Sampah Cahaya setelah Panen perdana


AENews9.com,Madiun- Bank Sampah Cahaya(BSC) yang berada di Kelurahan Kanigoro, Kecamatan Kartoharjo,Kota Madiun adalah gerakan pengelolaan sampah berbasis masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan adalah mengedukasi dan mensosialisakan kepada masyarakat khususnya kelurahan Kanigoro agar kesadaran masyarakat terus tumbuh bahwa sampah itu bernilai.
                     Proses penimbangan sampah warga

Manajer Bank Sampah Cahaya Nur Asngadah Windarti S.pd , mengatakan bahwa Bank sampah Cahaya ini baru berdiri,awalnya hanya gerakan 
sadar sampah warga RT 36 ,37 38 RW 009,Kelurahan Kanigoro.Keseriusan warga setempat dalam menciptakan lingkungan bersih, upaya ini menciptakan sebuah celah baru untuk menambah kesejahteraan warga hingga tercipta Bank Sampah Cahaya ini.Terobosan warga lingkungan RT36,37,38 RW 009 Kelurahan Kanigoro untuk mewujudkan  bank sampah juga tidak lepas dari bimbingan dan arahan dari Ibu Astutiningsih,SPd yang tak pernah lelah mensupot dan membimbing kegiatan bank sampah cahaya tersebut,kata Nur Asngadah

Masih menurut Nur Asngadah, warga mengumpulkan tiga jenis sampah, yaitu sampah plastik, sampah kertas, serta sampah kaleng dan botol. 
dibutuhkan pendekatan. Masyarakat perlu diubah mindset-nya agar bisa memilah-milah sampah mulai dari awal.

“Jadi setiap akhir pekan pada pekan kedua dan keempat setiap bulannya kami jadwalkan waktu pengumpulan sampah. Nah, sebelum dikumpulkan jadi satu, sampah ini lalu dipilah. Setelah itu baru ditimbang dan dicatat dalam buku tabungan,” jelasnya.

Terimakasih kepada warga kelurahan Kanigoro khususnya RT 36,37,38 Rw009
atas partisipasi  dalam pengumpulan sampah sehingga panen pertama ini hasilnya sangat memuaskan.Semoga untuk panen bulan depan lebih baik dari bulan ini.Selain itu  dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada ibu Astutiningsih,SPd  atas supot dan bimbingannya soga bank sampah cahaya kedepanya bisa lebih baik dan berkembang  tutupnya(Ing)




0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP