INFO TERKINI
Home » » Kadivhumas Polri: Keberadaan PPWI Penting bagi Polri

Kadivhumas Polri: Keberadaan PPWI Penting bagi Polri

Jakarta (Aenews9.com)- Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Kepolisian Republik Indonesia (Kadivhumas Polri), Inspektur Jenderal Polisi Drs. Ronny Frangky Sompie, SH, MH mengatakan bahwa kehadiran PPWI sebagai wadah Persatuan Pewarta Warga Indonesia sangat penting dalam mendukung kinerja kehumasan Polri. Pernyataan Kadivhumas Polri itu dapat disimak dari video yang direkam pada tahun 2014 lalu, bersempena pelaksanaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Divhumas Polri di Jakarta, Maret 2014.

Keberadaan masyarakat yang menjadi jurnalis warga, menurut Ronny Sompie, dapat menjadi sumber informasi bagi semua pengemban fungsi kehumasan di setiap jenjang dan wilayah kerja anggota Polri. Keterbatasan dan kendala yang mungkin dialami oleh petugas pengumpul informasi di lapangan dapat saja diatasi melalui berkolaborasi dengan para anggota masyarakat yang memiliki informasi yang diperlukan.

Oleh karena itu, lanjut Kadivhumas, amat diperlukan kerjasama yang saling menopang antara Polri dengan PPWI di setiap wilayah dan jenjang Kepolisian, dari Mabes Polri, Polda, Polres hingga ke Polsek-polsek. Dengan kerjasama dan sinergi yang baik akan tercipta sebuah pola saling suplai dan bertukar informasi, untuk kemudian dipublikasikan kepada masyarakat.


Sebagai referensi, PPWI telah bekerjasama dengan Polri, khususnya Divisi Humas Polri sejak 2013. Selain kerjasama pemberitaan dan dukungan kehumasan, kolaborasi itu telah diimplementasikan dalam bentuk dua kegiatan utama, yakni pelatihan jurnalistik warga dan penyelenggaraan lomba foto. Tercatat lebih dari 10 kali pelaksanaan pelatihan jurnalisme warga bagi anggota Polri di 7 polda, termasuk Polda Metro Jaya dan beberapa kali di Mabes Polri.

Sedangkan lomba foto, PPWI dan Divhumas Polri sempat melaksanakan dua kali lomba foto Polri, dengan tema Peran Polri di Pilpres 2014 dan Polisi Penolong. Dari kedua lomba ini, hampir 3000 foto dari masyarakat pewarta masuk ke meja Panitia.

Intensitas kerjasama di tataran teknis mulai menurun seiring dengan peningkatan kemampuan anggota Polri melakukan fungsi-fungsi kewartawanan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, terutama mereka yang telah mengikuti pelatihan jurnalisme warga PPWI. Sementara itu, setelah tersedia cukup banyak anggota Polri pengemban fungsi humas yang handal, Polri mulai membangun perangkat dan fasilitas publikasi, antara lain pembangunan media online Tribrata News, Tribrata-TV, dan infrastruktur jaringan media Polri lainnya.

Video ini diharapkan akan menjadi pengingat bagi PPWI, masyarkat umum, juga institusi Polri, bahwa PPWI pernah berperan dalam membantu peningkatan kinerja Polri sehingga mampu mengelola informasi, pemberitaan dan publikasi dengan baik untuk kemudian menjadi penentu keberhasilan pelaksanaan tugas Polri sehari-hari.

Dirgahayu Kepolisian Republik Indonesia, Selamat HUT Ke-73 Bhayangkara Negara, 1 Juli 2019. Sukses dan jaya selalu bagi Indonesia. (APL/Red)

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP