INFO TERKINI
Home » » Wow Ternyata ...Sapi Jenis Kereman Ekstrim Berobot 1.100 Kg Yang Merajai Kontes Ternak Magetan

Wow Ternyata ...Sapi Jenis Kereman Ekstrim Berobot 1.100 Kg Yang Merajai Kontes Ternak Magetan

Magetan (Aenews9.com)- Sapi jenis Kereman Ekstrim asal Desa Mojorejo Kecamatan Kawedanan merajai kontes ternak yang di gelar Pemkab Magetan melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan,Kamis (22/11). 

Sapi milik Pandu menjadi jawara kategori paling bergengsi, Ekstrim hasil Inseminasi Buatan (IB), dengan bobot mencapai 1.100 Kg. Sementara juara 2 kategori ini disabet, Fery peternak asal Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan dengan bobot sapi 953 Kg dan juara 3 diraih sapi berbobot 943 Kg milik Endang, peternak asal Kelurahan/Kecamatan Panekan.

Terkait potensi ternak sapi yang sangat bagus di Kabupaten Magetan ini, Bupati Magetan Suprawoto mengaku akan bekerjasama dengan para pakar-pakar ternak dari akademisi yang notabene juga putra daerah asli Magetan.
“Kita akan gandeng para pakar ternak putra Magetan yang ada di Universitas Brawijaya, kita ajak bersama-sama memikirkan Magetan,”kata Suprawoto, Kamis (22/11).

Seperti dicontohkan Suprawoto,potensi sapi-sapi perah yang ada di Sarangan Singolangu yang perlu sekali komposisi pakan yang tepat agar lebih banyak menghasilkan susu, yang nantinya warga bisa langsung mendapatkan ilmu dari Unibra terkait pakan yang baik.
“Contohnya sapi perah yang ada di Singolangu, kita perlu ilmu untuk meracik komposisi pakan yang bisa meningkatkan produksi susu dan akademisi dari Unibra inilah akhlinya,”jelas Bupati Magetan.


Sementara itu ditempat yang sama,Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Magetan Kustini mengatakan Kontes ternak yang diadakan rutin dua tahun sekali ini, para pemenangnya akan diikutkan ke kontes ternak Jawa Timur yang biasanya juga rutin diadakan oleh Pemprov.
” Kontes ternak kali ini diikuti sebanyak 54 peserta dari seluruh Kecamatan Se-Kabupaten Magetan, dimana pemenang kontes ternak 2018 ini nanti akan kita ikutkan juga dalam kontes ternak ditingkat Provinsi,” ujarnya.
Kustini berharap, dengan diadakanya kontes ternak ini bisa lebih memotivasi para peternak di Kabupaten Magetan, sehingga peternak itu menghasilkan dan bukan sekedar sampingan.
“Saya berharap kontes ternak ini bisa memotivasi para peternak, bahwasanya berternak sapi itu juga menghasilkan bukan hanya sekedar sampingan saja,”pungkasnya.
Adapun juara pemenang Kontes Ternak sebagai berikut:
Kategori Ekstrim:
1.Pandu.P-Mojorejo
2.Fery.C- Sarangan
3.Ibu Endang.S-Panekan
Kategori Kareman:
1.Alvian- Panekan
2.Tugiman - Ngadirejo
3.Subandi - Alas Tuwo
Kategori Indukan:
1.Budi- Ngunut
2.Hadi.S- Tunggur
3.Pandu.P- Mojorejo (ton/red)



0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP