INFO TERKINI
Home » » Nguri- nguri Budaya Leluhur, Desa Semen Adakan Bersih Desa

Nguri- nguri Budaya Leluhur, Desa Semen Adakan Bersih Desa

Magetan (Aenews9.com)- Memperingati Bulan Muharram (Suro) Desa Semen, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan mengadakan acara Bersih Desa.Bersih desa merupakan tradisi yang sudah  dari para leluhur yang menempati suatu wilayah yang dilaksanakan setiap tahun. Selain ungkapan syukur kepada Tuhan YME, juga bagian pelestarian budaya.
Kegiatan bersih desa rutin dilakukan setiap tahunnya. Perayaan bersih desa kali ini, dilaksanakan di punden Makam Mbah Among di Dukuh Suko, Desa Semen, Kecamatan Nguntoronadi,Kabupaten Magetan, Sabtu (22/9/2018).

Tradisi bersih desa diawali dengan berkumpulnya masyarakat dan perangkat Desa Semen di makam Mbah Among yang  dipercaya titik awal berdirinya Dusun Suro, Acara bersih desa di awali dengan dzikir dan tahlil bersama yang di pimpin oleh KH.Abdul Majid Bastomi.

Kepala Desa Semen  Edi Subiyanto kepada Aenews9.com mengatakan Kegiatan bersih desa ini kita awali dengan doa, dzikir dan tahlil bersama, diteruskan selamatan  bersama seluruh perangkat Desa dan masyarakat, setelah itu di gelar Langen Beksan atau gambyong, " jelas Edi

Edi Subiyanto berharap bersih desa yang merupakan tradisi budaya nenek moyang perlu di lestarikan agar anak cucu mengenal budaya desanya.Masih menurut Edi Harapan  kedepan seluruh warga Desa Semen  selalu diberikan kerukunan, kesehatan dan juga tanaman yang subur oleh Tuhan Yang Maha Esa. Disamping itu kegiatan yang diikuti warga masyarakat dan perangkat desa Semen  tersebut diharapkan dapat menjadi simbol pembersihan jiwa dan  bulan Suro ini, hingga berdampak positif untuk warga desa Semen.” Semoga seluruh rakyat jauh dari malapetaka, pagebluk penyakit, dan selalu tentram serta sejahtera,” pungkas Kades Edi (ZAM)





0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP