INFO TERKINI
Home » » Tak Afdol Bila ke Madiun tak Berkunjung ke Umbul Square

Tak Afdol Bila ke Madiun tak Berkunjung ke Umbul Square

 

Madiun (Aenews9.com ) - Madiun Umbul Square adalah wahana wisata tertua di kabupaten Madiun  yang berada di desa Glonggong Kecamatan Dolopo,Kabupaten Madiun .

Umbul Square kian bersolek menawarkan wahana wisata edukasi untuk memanjakan pengunjung .Selain wahana kolam renang,Wahana bianglala,bioskop 3D,wisata sejarah ,Wahana Bermain Anak dan Dewasa Ada Komedi Putar, Water Boom, Out Bond dan Out bond tematik satwa.Yang terbaru tempat untuk ber-swa Photo dengan dengan tema-tema 3D grafiti.

Yani (26) pengunjung asal Ngawi mengaku senang dan baru pertamakali datang ke Umbul Square karena ingin menunjukan satwa kepada keponakannya sekaligus mengunjungi hajatan keluarga.
"saya baru pertama kali berkunjung ke umbul .Tempatnya bagus untuk mengisi liburan,banyak wahana permainan dan bisa  melihat koleksi satwa,terutama singa Afrika .Kebetulan lagi mengunjungi hajatan keluarga sekaligus main ke umbul square sama keponakan " kata Yani

Selain Yani pengunjung lain yang datang dari Brebes Jawa tengah juga terkesan dengan umbul square selain tempat rekreasi juga tempat untuk konservasi satwa dan mini zoo selain itu makanan yang di jual di stand makanan  pun harganya relatif murah .

Di Umbul Square pengunjung juga bisa melihat berbagai koleksi satwa yang di pelihara di Umbul Square,seperti siamang,singa afrika,merak,burung Kaswari,buaya,rusa tutul,rusa Simbar,beruang madu,burung kakak tua jambul,burung elang Bondol dan masih banyak lagi hewan yang menjadi koleksi dari Umbul Square.Selain sebagai kebun binatang mini Umbul square juga menjadi lembaga konservasi hewan yang bekerjasama dengan BKSDA .Dan telah mendapat ijin sebagai Lembaga Konservasi dari Kementrian Kehutanan dan Lingkungan Hidup di bulan Februari tahun 2016 dan disah kan Perda Kabupaten Madiun di bulan November tahun 2016.

Direktur utama Madiun Umbul Square R. Afri Handoko S.sos. Msi kepada Aenews9.com menceritakan  "Alhamdulillah Wisata Madiun Umbul Square saat ini sering  dijadikan destinasi wisata yang wajib di kunjungi kalau ke madiun" cerita Afri

Menurut cerita Afri Kalau melihat kilas balik kebelakang Taman wisata ini sudah dikenal warga Madiun dan sekitarnya sejak puluhan tahun silam. Hal itu karena taman wisata Umbul merupakan tempat rekreasi peninggalan penjajahan Belanda.
Fasilitas yang ada di taman Umbul antara lain, kolam renang air belerang yang menjadi andalan, kebun binatang mini,
Pada tahun 1970-an hingga 1990-an, taman wisata umbul menjadi tempat wisata favorit warga Kabupaten Madiun, Ponorogo, dan sebagian Magetan. Seiring berjalannya waktu, Umbul ditinggalkan karena kondisinya yang memprihatinkan.

Hal ini karena Pemkab Madiun tidak memiliki dana yang cukup untuk biaya operasional. Terlebih pada perawatan kebun binatangnya.Tapi sejak di pugar pada tahun 2012 wajah tempat wisata umbul makin bersolek dengan  renovasi total sarana wahana permainan,tempat kandang satwa.
serta penambahan satwa baru untuk koleksi mini zoo serta menjadi lembaga konservasi satwa yang bisa untuk wahana edukasi.

Afri Handoko menuturkan Umbul square juga mempunyai even bulanan,Tri bulanan,serta even tahunan.Untuk even tahunan Umbul Square mengadakan acara Kuras Umbul Belerang yang menjadi landmark tempat ini yang di laksanakan setiap Satu Muharram.Dimusim liburan seperti liburan hari raya pengunjung umbul Square mencapai 13 ribu pengunjung dapat untuk liburan sekolah pengunjung rata - rata 150 sampai 500 pengunjung dengan harga tiket masuk untuk biasa Rp.10.000 /orang dan weekend Rp.20.000.

Saat ini sedang menambah fasilitas wahana  membangun rumah Hobbit untuk sarana edukasi anak,sedang untuk promosi Umbul Square telah bekerja sama dengan Taman wisata Geni langit Magetan.Bentuk kerjasamanya adalah jika pengunjung beli tiket di umbul sauare akan memperoleh tiket masuk ke wisata Geni langit begitu juga sebaliknya.pungkas Afri.

Bagi pengunjung  yang telah puas menikmati wahana permainan dan ber-swaphoto dengan satwa dan spot swa photo pengunjung juga bisa menikmati kuliner di tempat tersebut dengan harga yanglumayang terjangkau atau bisa relaksasi di kolam ikan .
Jika berkunjung ke Madiun tidak afdol bila tidak mampir ke Umbul Square(ZAM/Is)

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP