INFO TERKINI
Home » » Ternyata Getah Labu Siam Bermanfaat Untuk Kesehatan

Ternyata Getah Labu Siam Bermanfaat Untuk Kesehatan

Aenews9.com - Labu siam merupakan suatu jenis sayuran yang kerap kali dikonsumsi sebagai sayuran. Ia memiliki nama yang sangat beragam dan sering berbeda penyebutan antara satu daerah dengan daerah yang lain. Sebenarnya, labu siam sendiri bukan asli tanaman Indonesia. Sebagaimana namanya, labu ini berasal dari daerah Siam di Thailand. Labu siam sendiri mempunyai bentuk seperti buah  pear.

Labu siam masuk ke dalam jenis cucubitaceae. Ia masih satu keluarga dengan mentimun serta labu kuning. Labu siam sendiri memiliki beragam manfaat bagi kesehatan manusia. Ia juga sangat baik dijadikan formula sebagai makanan pendamping untuk diet sehat. Labu siam sendiri memiliki bentuk pohon yang cenderung merambat.

Jenis tanaman ini hanya akan tumbuh di daerah yang lembab, mengandung air, dan tidak becek. Setelah masa tanam, labu siam akan dapat dipanen setelah 30 hari. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat getah labu siam bagi kesehatan yang bisa Anda jadikan rujukan…

1. Dapat membantu diet
Getah labu siam adalah jenis tanaman yang rendah kalori. Ia juga tidak memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol. Faktor tersebutlah yang menyebabkan labu siap mampu membantu jalannya diet. Selain itu, labu siam juga kaya akan serat yang dibutuhkan oleh pelaku diet.

2. Dapat mencegah bayi lahir cacat
manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh getah labu siam adalah dapat mencegah terjadinya kecacatan pada bayi yang lahir. Kandungan B kompleks yang ada di dalamnya yang berupa folat sangat baik untuk proses pembelahan sel. Sehingga ibu hamil akan mendapatkan perkembangan janin yang normal dari terhindar dari cacat. Itulah yang menyebabkan getah labu siap sangat cocok untuk mencegah bayi lahir cacat.

3. Dapat membantu menurunkan kolesterol pada tubuh
Kolesterol yang terlalu banyak di dalam tubuh juga tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, harus segera diselesaikan. Salah satu caranya adalah dengan menggunaka getah labu siam. Getah labu siam tidak mengandung kolesterol yang tinggi sehingga bisa meminimalisir bertambahnya kolesterol pada tubuh manusia.

4. Dapat mencegah penyakit kanker
Kanker adalah penyakit yang membahayakan tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian. Sebenarnya, setiap orang berpotensi untuk mendapatkan penyakit kanker, tergantung orang tersebut mau mencegahnya atau tidak. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kanker adalah dengan menggunakan getah labu siam. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang ada di dalamnya mampu melawan sel kanker.

5. Mambantu meningkatkan stamina
Manfaat lain dari getah labu siam adalah mampu membantu meningkatkan stamina. Hal ini disebabkan karena kandungan potassium yang terdapat pada labu siam bermanfaat sebagai sumber stamina bagi tubuh sehingga stamina Anda akan semakin meningkat.

6. Dapat mencegah terjadinya penuaan dini
Selain beberapa hal di atas, getah labu siam juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya panuaan dini. Hal ini disebabkan karena kandungan flavonoid yang terdapat di dalamnya mampu melawan zat yang menyebabkan penuaan dini sehingga kulit Anda akan tampak awet muda dengan menggunakan getah labu siam.

7. Dapat dijadikan sebagai antioksidan
Getah labu siam juga bisa dimanfaatkan sebagai antioksidan bagi tubuh manusia. Hal ini karena labu siam memiliki kandungan vitamin C yang merupakan salah satu sumber antioksidan. Antioksidan tersebut mampu mencegah terjadinya kerusakan pada sel serta mencegah masuknya radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

8. Membantu mengobati penyakit batu ginjal
Manfaat lain dari getah labu siam adalah membantu mengobati penyakit batu ginjal. Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang cukup serius karena menyerang ginjal Anda.

9. Mencegah dan menyembuhkan sembelit

Selain beberapa hal di atas, Anda juga bisa menggunakan getah labu siam sebagai pencegah terjadinya sembelit. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mamasukkan labu siam ke dalam masakan Anda. dengan demikian, Anda sudah memasukkan serat dan serat sangat ampuh dalam melancarkan buang air besar sehingga sembelit yang terjadi bisa diatasi.

10. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi
Manfaat lain dari getah labu siam adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. hal ini sudah banyak dibuktikan dari berbagai penelitian. Dan getah labu telah terbukti menurunkan tekanan darah.

5 Manfaat dan Khasiat Getah Labu Siam untuk Kesehatan Lainnya:
- Membantu mengobati kembung
- Membantu mencegah penyakit jantung
- Dapat dijadikan sebagai sumber mineral
- Dapat mencegah terjadinya anemia
- Dapat mengurangi risiko penyakit stroke

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat getah labu siam untuk kesehatan yang bisa Anda jadikan rujukan saat hendak mengatasi masalah kesehatan. Getah labu siam ternyata memiliki manfaat yang kaya bagi kesehatan manusia. Semoga bermanfaat….(*)

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP