INFO TERKINI
Home » » Alasan PKB Menjadi Partai Islam Terkuat Saat Ini

Alasan PKB Menjadi Partai Islam Terkuat Saat Ini

Jakarta (Aenews9.com) - Pada survei Media Survei Nasional (Median) terbaru yang dirilis awal bulan April 2018 menunjukkan bahwa PKB menempati ranking ke-4 dari sisi elektabilitas setelah PDIP, Gerindra, dan Golkar dengan perolehan suara sebesar 8.5%.

Menurut Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, secara nasional, berarti sementara ini PKB berhasil naik satu peringkat dari urutan ke-5 saat Pileg 2014 lalu.

"Perolehan suara sementara PKB ini merupakan yang tertinggi dibanding partai-partai Islam lainnya, seperti PPP, PAN dan PKS. Jadi, partai berbasis warga Nahdliyin ini berada di posisi paling tinggi di antara partai Islam," kata Rico, Jumat (20/4/2018).

Meningkatnya perolehan suara PKB ini, menurut Rico, dapat dijelaskan berdasarkan tiga faktor alasan memilih partai, antara lain faktor komunal, faktor kepemimpinan, dan faktor soliditas.

Rico menambahkan, bahwa menurut survei responden yang memilih PKB didominasi ketiga faktor tersebut.

"Berdasarkan survei, alasan responden memilih PKB, ternyata 29 % karena faktor komunal, yaitu sebagai sesama warga Nahdlatul Ulama. Berarti suara warga Nahdiyin relatif solid ke PKB," katanya.

Alasan kedua memilih PKB, menurutnya karena faktor figur Muhaimin Iskandar, sebesar 15.1%.

Ini berarti, langkah Cak Imin yang cukup agresif mengkampanyekan dirinya lewat media outdoor dan kunjungan langsung ke beberapa daerah, mulai menuai hasil.

Sedangkan faktor ketiga memilih PKB, menurut Rico, adalah faktor soliditas di tubuh PKB yang terus terjaga samapai sekarang. Rico menambahkan bahwa dibanding PKS dan PPP, soliditas PKB relatif tidak memiliki konflik internal.

"Konflik internal di tubuh partai selain merugikan secara soliditas, juga menuai antipati publik. Dari data terlihat responden yang tidak menyukai konflik internal di tubuh PPP sebesar 5.1% dan di tubuh PKS sebesar 5.6%," katanya.

Namun menurut Rico, mengingat pemilu masih satu tahun lagi. Maka masih ada waktu bagi partai-partai lainnya untuk memperbaiki kinerja, sehingga posisinya naik peringkat.



sumber: Tribunnews.com

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP