INFO TERKINI
Home » » 5 Langkah Mudah Atasi Kecanduan Anak Pada Ponsel

5 Langkah Mudah Atasi Kecanduan Anak Pada Ponsel

Aenews9.com,Tips, Saat masih anak-anak, apa yang Anda lakukan untuk mengisi waktu luang? Mungkin bermain petak umpet, kejar-kejaran, bermain ke rumah teman, atau mengerjakan PR. Tapi kini, sangat jarang anak-anak yang melakukan kegiatan-kegiatan tersebut untuk mengisi waktu luang. Pada umumnya mereka lebih suka bermain dengan ponsel atau piranti elektronik sejenis.

Banyak anak yang sudah memiliki ponsel pribadi pada usia yang terlalu dini. Tujuan awalnya ialah untuk mempermudah komunikasi dengan teman atau keluarga. Tapi kemajuan teknologi komunikasi itu justru menyebabkan anak menjagi kecanduan ponsel.

Kini hampir setiap anak mengalami kecanduan ponsel atau perangkat elektronik lain semacamnya. Hal ini menjadi perhatian tersendiri bagi orangtua, terutama ketika anak menjadi sulit dipisahkan dari ponsel.



Selain untuk menelepon, banyak anak yang menjadi terlalu lengket dengan ponsel pintar mereka. Mereka asik mengirim jutaan pesan untuk teman, bermain game, berselancar di dunia maya, mendengarkan musik, atau asik menjelajahi situs pertemanan. Kecanduan ponsel kini telah menjadi trend. Dan seiring dengan kian banyaknya keluarga yang membeli ponsel atai iPad, balita pun bisa mengalami kecanduan!

Jika kecanduan ponsel pada anak dibiarkan begitu saja, anak akan menjadi tidak mampu membangun atau mempertahankan hubungan tanpa bantuan perangkat elektronik itu. Mereka juga cenderung kurang peduli pada lingkungan atau keadaan sekitar.

Tidak ingin anak kecanduan ponsel? Dikutip dari Boldsky, Selasa (4/2/2014), inilah beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang kecanduan ponsel.

1. Berhenti terus menerus menggunakan ponsel
Orang tua pasti khawatir jika anak-anak atau remaja tidak bisa melakukan kegiatan penting--seperti belajar atau membaca-- dengan benar karena terganggu oleh ponsel. Padahal, anak menjadi kecanduan ponsel karena sering melihat orang tua memainkan ponsel.

Jika ingin anak terbebas dari kecanduang ponsel maka terlebih dahulu orang tua harus membebaskan diri mereka dari ponsel. Gunakan ponsel dengan seimbang dan waspadai jika anak mulai 'sakau' jika dijauhkan dari ponsel.

2. Menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak
Anak-anak selalu belajar dari orangtua mereka. Jika orang tua tak pernah mengalihkan perhatian dari layar gadget, anak akan mengira bahwa terus menerus terpaku pada layar gadget adalah kebiasaan yang dapat diterima. Jika ingin anak terlepas dari kecanduan ponsel, cobalah untuk menyingkirkan ponsel ketika sedang makan bersama atau ketika sedang bersama anak-anak.

3. Mendorong anak untuk aktif di berbagai kegiatan
Dorong anak untuk mengembangkan hobi yang tidak membutuhkan telepon seluler, ponsel pintar, iPAd, atau gadget sejenis. Solusi terbaik untuk mengatasi anak yang kecanduan ponsel adalah dengan mengikutsertakan mereka ke dalam kegiatan positif seperti klub berenang, bulu tangkis, tenis, bela diri, golf, senam irama, atau menari. Pastikan juga untuk membawa serta anak-anak jika ada kegiatan masyarakat yang sedang dilangsungkan.

4. Membuat batasan waktu
Game pada ponsel memiliki daya tarik tersendiri untuk anak. Jadi, biarkan anak memainkannya sekesekali. Tetapi, anak harus diingatkan mengenai batasan waktu bermain game. Sebab tanpa pembatasan waktu dan pengaturan yang ketat, anak bisa menjadi pecandu ponsel.

Trik mudah untuk mencegah kecanduan itu adalah dengan memberikan batasan waktu bermain game dan memasang alarm sebelum anak memainkan game-game itu. Berikan peringatan secara berkala ketika waktu bermain hampir habis, misal sepuluh atau lima belas menit sebelum waktu habis. Jika waktu bermain game telah habis, beri anak sedikit jeda untuk menyimpan permainan.

5. Tidak memberikan ponsel saat anak masih terlalu kecil
Cara terbaik untuk mengatasi kecanduan ponsel pada anak ialah dengan tidak memberikan mereka ponsel pribadi sebelum mencapai usia 16 tahun. Pada usia itu, anak lebih matang dan telah mengatahui sisi positif atau negatif dari ponsel. Pada usia itu anak telah memiliki bekal yang cukup dan lebih siap untuk menjelajahi keajaiban teknologi.( Vit /Vit)

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP