INFO TERKINI
Home » » Progam PISEW 2017 Desa Jatisari Maksimalkan Pembangunan Saluran Air

Progam PISEW 2017 Desa Jatisari Maksimalkan Pembangunan Saluran Air

Madiun (aenews9.com) - Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew) 2017 merupakan program infrastruktur sebagai penggerak pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya di daerah pedesaan.

Infrastruktur yang memadai merupakan dambaan masyarakat Desa Jatisari, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, sebagai salah satu desa penyangga selain Desa Sareng dan Desa Purworejo sebagai desa induk penerima program pisew 2017 dari Dinas PU Pengairan Kabupaten Madiun.

Seperti diketahui program PISEW ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kawasan pembangunan ifrastruktur desa berbasis masyarakat.
Desa Jatisari sebagai desa penyangga dari desa penerima program PISEW mengalokasikan titik pembuatan drainase dengan panjang 477 meter dengan lebar 50 cm pondasi sampai lunas 70 cm dengan anggaran Rp.187.000.000 yang berlokasi di dusun jowiranan RT 04.


Pembuatan saluran air tersebut sebagai saluran pembuangan dan irigasi persawahan di wilayah tersebut yang Azas manfaat kegunaannya untuk kesejahteraan petani.


Mujiono, Kepala Desa Jatisari Kepada aenews9.com menjelaskan bahwa Tahun 2017 Desa Jatisari adalah salah satu penerima program PISEW dari PU,ada tiga desa penerima untuk Kecamatan Geger,Desa Purworejo sebagai desa induk,Desa Jatisari dan Desa Dateng sebagai desa penyangga.


Mujiono menuturkan alokasi program pisew untuk Desa Jatisari untuk pembuatan saluran air di dusun Jowiranan dengan panjang 477 m lebar 50cm  pondasi sampai lunas 70cm.dengan anggaran Rp.187.000.000.


Untuk pelaksanaannya di kerjakan oleh BKAD ( Badan Kerjasama Antar Desa ) di masing-masing kecamatan dibantu fasilitator Masyrakat tingkat desa, BPD,LPKMD,tokoh masyarakat,serta masyarakat.


PISEW ini berbasis masyarakat jadi masyarakat ikut di berdayakan melalui kegiatan pekerjaan tuturnya. Pardi ketua BKAD Kecamatan Geger,membenarkan apa yang di sampaikan Kepala Desa Jatisari,Mujiono bahwa program PISEW adalah program strategis untuk meningkatkan infrastruktur di desa. Hal ini dimaksud untuk mengatasi kesenjangan pembangunan infrastruktur melalui program dari Dinas PU Pengairan,  Desa Jatisari mengalokasikan  pembuatan saluran air.

Program yang di peruntukan sesuai permohonan desa dari hasil musrendes maupun kecamatan. Program ini bisa di manfaatkan untuk kepentingan masyarakat terutama petani agar bisa meningkatkan pertumbuhan  produktifitas yang secara tidak langsung dapat menaikan kesejahteraan petani,terutama dalam pengairan irigasi sawah."tuturnya.(zam/DP) 

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP