INFO TERKINI
Home » » Proyek DD Tanpa Papan Nama

Proyek DD Tanpa Papan Nama

Magetan (aenews9.com) - Pengerjaan proyek talud di areal persawahan di Dusun Lebak, Desa Duyung, Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan yang bersumber dari Dana Desa 2017 termin awal, senilai Rp.47.000.000 (empat puluh juta rupiah ) diduga tidak sesuai  mutu dan papan proyek yang terpasang di lokasi.

Entah unsur keteledoran atau kesengajaan  timlak proyek  tidak memasang papan plang proyek padahal pengerjaan proyek sudah berjalan beberapa hari. Proyek talud yang panjangnya 120 meter kanan kiri, pondasi sampai pel 150cm, lebar 50 cm, serta kedalaman 50 cm namun setelah dicek ternyata tidak sampai yang dimaksud. Belum lagi dasar pondasi yang hanya diberi pasir yang disiram air tanpa dicampur semen.

Timlak proyek talud Dusun Lebak saat dikonfirmasi melalui hp mengatakan bahwa proyek talud Dusun Lebak didanai dari DD 2017 termin awal dengan nilai Rp.47.000.000 dan  semua sesuai ukuran gambar,dan mengenai papan nama proyek masih dipesankan, terangnya melalui handphone.

Untuk sekedar diketahui, kewajiban memasang papan plang proyek sudah tertuang dalam Perpres No 54 Tahun 2010 dan Perpres No 70 Tahun 2012 tentang regulasi yang mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek.
Selain itu UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Lemahnya pengawasan dari berbagai pihak, terutama masyarakat terkait yang terkesan tutup mata, padahal dengan dipasangnya papan pengumuman proyek menjadi sarana informasi publik yang perlu disampaikan.

Masyarakat bisa mengontrol dan mengetahui darimana  sumber dananya, nilai kegiatan serta volume kegiatan hingga tidak adanya kecurigaan. Tidak dipasangnya papan proyek di lokasi, itu memperlihatkan tidak transparansi dalam pelaksanaannya.(zam)

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP