INFO TERKINI
Home » » Desa Banjarpanjang Perbaiki Poskesdes Dengan Dana Desa

Desa Banjarpanjang Perbaiki Poskesdes Dengan Dana Desa

Magetan (aenews9.com) -- Kebutuhan mendasar masyarakat desa akan kesehatan sangat diprioritaskan, bahkan sarana penunjang akan pelayanan kesehatan juga perlu untuk menjadi perhatian.

Seperti halnya dengan Pemerintah Desa Banjarpanjang, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, perbaikan sarana pelayanan untuk kesehatan masyarakat desa menjadi prioritas. .

Dari Bantuan Dana Desa (DD) Tahun 2017,dianggarkan Rp.22.845.000 (dua puluh dua juta delapan ratus empat puluh lima ribu rupiah) untuk perbaikan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Poskesdes Desa Banjarpanjang yang berada di Dukuh Panjang RT02/RW01 selama ini digunakan warga untuk kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat seperti posyandu, pemeriksaan kesehatan rutin.

Melihat kondisi Poskesdes yang sudah perlu untuk renovasi, Pemerintah Desa Banjarpanjang melalui musyawarah desa dan menetapkan dalam RPJM Desa dan RKP desa dalam anggaran tahun 2017 melalui Dana Desa untuk penganggaran renovasi Poskesdes.

Kepala Desa Banjarpanjang, Kecamatan Ngariboyo, Sarbini, menerangkan program renovasi poskesdes itu menggunakan anggaran Dana Desa tahun 2017, sebesar Rp.22.845.000, adapun yang direnovasi yaitu gedung Poskesdes dengan panjang 11,100 meter x 7,00 meter, penggantian pintu dan gawang baru, pembuatan sumur untuk fasilitas air serta pengecatan.

Sarbini menambahkan, dengan perbaikan Poskesdes ini, pelayanan mutu kesehatan bagi masyarakat dapat ditingkatkan, selain bangunan yang direnovasi juga bisa memberikan rasa nyaman dan bersih untuk aktifitas kegiatan kesehatan masyarakat. Selain itu program pembangunan desa baik untuk Infrastruktur, Pemberdayaan masyarakat melalui Dana Desa dapat tercapai sesuai harapan
.
Peruntukan Dana Desa harus bisa menjadi prioritas bagi pembangunan desa, harus dijalankan dengan keterbukaan tanpa penyelewengan penggunaannya sesuai amanat presiden Joko Widodo.(ADV/Nurbaya)

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP