INFO TERKINI
Home » » Buang Puntung Rokok Sembarangan, Hutan Gunung Bancak Terbakar

Buang Puntung Rokok Sembarangan, Hutan Gunung Bancak Terbakar

Magetan (aenews9.com) -- Kemarau yang sudah berlangsung sekian bulan memicu terjadinya kebakaran hutan dibeberapa wilayah, selain faktor alam, manusia adalah faktor yang paling menentukan terjadinya kasus kebakaran tersebut.

Seperti yang terjadi di area hutan lereng Gunung Bancak ini, Rabu (20/9/2017) sekitar pukul 10.00 WIB lereng Gunung Bancak bagian tenggara terbakar atau tepatnya di Dukuh Patik, Desa Pupus, Kecamatan Lembeyan.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 14.00WIB oleh anggota Koramil dan Polsek dengan dibantu warga setempat dan pemadaman pun menggunakan alat seadanya karena medan sulit untuk dijangkau oleh pemadam kebakaran.

Menurut saksi Suyanto, kejadian terbakarnya hutan di Gunung Bancak ini diperkirakan karena pencari rumput atau kayu bakar yang membuang puntung rokok sembarangan sehingga dengan kondisi hutan yang kering dan angin yang cukup kencang memicu terjadinya kebakaran.

Kepala Desa Pupus, Tumiran mengatakan dengan kejadian terbakarnya hutan di Gunung Bancak ini merupakan pelajaran bagi masyarakat agar kedepannya lebih berhati hati dalam menjaga hutan rakyat tersebut.

Sementara itu, akibat dari peristiwa ini resapan air menjadi hilang karena sampah organik terbakar, sedangkan untuk korban jiwa nihil.(nyr)

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP