INFO TERKINI
Home » » Warga Nglandung Sambut Lebaran Dengan Terbangkan Balon

Warga Nglandung Sambut Lebaran Dengan Terbangkan Balon

AENEWS9.COM
Madiun – Masih dalam suasana perayaan Idul Fitri 1438H, warga RT26 dan RT27/RW05 Dusun Wonokromo, Desa Nglandung, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun menyambutnya dengan cara Ngumbol Balon.

Balon yang terbuat dari kertas tersebut memiliki tinggi 9 meter dan lebar lingkaran 1,5 meter, sedangkan proses penerbangan balon itu sendiri dengan cara dibakar menggunakan daun kelapa kering melalui lubang lingkaran pada balon hingga terkumpul asap yang banyak.

Bima, warga setempat menuturkan kegiatan ngumbul balon ini baru dilaksanakan tahun ini untuk menyambut Lebaran Ketupat dan akan dilaksanakan rutin mulai tahun depan sedangkan biaya pembuatan balon ini diambilkan dana dari swadaya masyarakat.

Meskipun kegiatan menerbangkan balon saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat dan menjadi tradisi namun juga perlu diwaspadai tentang bahayanya balon yang terbuat dari kertas maupun plastik, pasalnya bahan balon tersebut bisa membahayakan orang lain jika terjatuh dalam keadaan masih menyala apinya apalagi jika ditambah rangkaian mercon bisa lebih membahayakan lagi. Seperti halnya yang baru saja terjadi beberapa hari lalu, balon yang masih terdapat mercon yang belum menyala jatuh di atap sebuah masjid di Ngawi.

Untuk itu bagi masyarakat sebaiknya lebih memperhitungkan lagi mengenai dampak positif dan negatifnya kegiatan menerbangkan balon agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.(ZAM)

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP