AENEWS9.COM SAJIKAN INFORMASI SEKITAR KITA * AENEWS9.COM SAJIKAN INFORMASI SEKITAR KITA * AENEWS9.COM SAJIKAN INFORMASI SEKITAR KITA *
Home » » NGERI...!! Dalam Rangka TMMD Ke-99 Di Ngebel, Anggota TNI ini Ajarkan Salah Satu Keahliannya Kepada Petani

NGERI...!! Dalam Rangka TMMD Ke-99 Di Ngebel, Anggota TNI ini Ajarkan Salah Satu Keahliannya Kepada Petani

Posted by aenews9.com on Thursday, July 13, 2017

AENEWS9.COM
Ponorogo – Sebut saja Sertu Pamuji, anggota Babinsa Koramil Sampung, Kodim 0802/Ponorogo ini berani mengajarkan salah satu keahliannya kepada petani dalam acara Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Rabu (13/7/2017).

Adapun keahlian yang diajarkan ke petani adalah cara membuat Pupuk Organik yang berguna untuk tanaman maupun ternak.

Salah satunya adalah Ramuan Organik Ternak (ROTER) adapun bahannya terdiri dari campuran rumput, jagung, jerami yang sudah dicincang, sedangkan cara membuatnya dengan mengaduk bahan tersebut sampai rata kemudian diperam selama 14 hari. Dan selama diperam, ramuan tersebut dibungkus dengan plastik agar tidak terkena udara. Setelah masa peram selesai, ramuan tersebut bisa langsung disajikan ke ternak. Menurutnya, masa simpan ROTER ini bisa sampai 6 bulan dengan catatan ditutup rapat ke wadahnya.

Selanjutnya adalah Ramuan Organik Hama (ROMA), cara pembuatannya adalah dengan menumbuk pinang, daun sirih, daun sirsak, serai, bawang putih, cabe merah serta tembakau. Setelah halus kemudian campuran tersebut dikasih air secukupnya dan difermentasikan selama sehari semalam.

Adapun kegunaan ROMA ini untuk membunuh ulat, wereng, walangsangit dan kupu-kupu yang bisa merusak tanaman. Sedangkan cara penggunaannya dengan disemprotkan ke tanaman di waktu pagi dan sore hari atau sama dengan waktu menyemprot menggunakan pestisida.

Selanjutnya adalah Ramuan Organik Tanaman (ROTAN) bahannya adalah pepaya, semangka, pisang, mangga, kacang panjang, jagung, nanas, air kelapa, gula merah, serta usus ikan dan ragi. Semua bahan tersebut di blender sampai halus kemudian dimasukkan ke dalam jerigen dan difermentasikan selama 14 hari.

Sertu Pamuji menyarankan, sebelum menggunakan ROTAN sebaiknya sebelum dibajak, sawah ditaburi jerami yang sudah dipotong kecil, kemudian baru disemprot ROTAN. Kemudian 7 hari setelahnya diulangi lagi menyemprotkan ROTAN ke sawah.

Menurutnya, kegunaan ROTAN itu sendiri untuk menyuburkan tanah agar nantinya mempercepat pertumbuhan tanaman.

Thanks for reading & sharing aenews9.com

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

IKLAN LAYANAN MASYARAKAT INI DIPERSEMBAHKAN OLEH AENEWS9.COM

Arsip