INFO TERKINI
Home » » Menaguk Untung Dari Cacing

Menaguk Untung Dari Cacing

AENEWS9.COM MADIUN - Bagi sebagian orang Cacing Tanah dianggap sebagai hewan yang menjijikkan tapi di tangan yang tepat budidaya Cacing Tanah bisa mempunyai ragam manfaat, dan bernilai ekonomi tinggi.

Selain untuk pakan Ikan, Burung, Bahan kecantikan, serta obat-obatan, ternak Cacing juga mampu mendukung pertanian organik serta mengembalikan kesuburan tanah.

Seperti yang di geluti oleh Agung(33) warga Rt14/Rw 03 Desa Sangen, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun sejak empat tahun lalu, dia mulai membudidayakan Cacing jenis Eisena Fetida(african tiger)

"Awalnya saya coba-coba untuk membudidayakan cacing, setelah tidak bekerja di proyek, dengan sisa uang dari hasil bekerja di proyek, saya memulai usaha budidaya Cacing, modal awal Rp 8.juta sudah termasuk pembuatan kolam berdiameter 1X3 m, dan 500 kg Cacing", katanya, senin(6/02/2017).

Pertumbuhan dan pengembangbiakan Cacing ternyata sangat cepat. Hanya dalam waktu dua bulan, Cacing-cacing yang dia pelihara menjadi lebih dari 500 kilogram dengan harga jual Rp 45.000/kilogramnya.
Mulai saat itu, dia menekuni usaha budidaya Cacing. Menurutnya beternak Cacing tidak sulit karena hanya perlu membuat kolam plester dengan ukurun 1X3M. Kolam diberi media sebagai tempat hidup Cacing, yaitu berupa grajen kayu, log jamur. Adapun pakannya berupa Ampas tahu, Molases(tetes tebu), dan Debog pisang yang di cacah halus. "Yang penting pakannya jangan sampai telat, dan kelembaban media harus selalu terjaga", terangnya.
Selain itu, Cacing harus di jauhkan dari Ayam, Tokek, Orong-orong, sebulan sekali Cacing sudah bisa di panen, "yang besar-besar diambil dan di panen, kemudian medianya di tambahi lagi yang baru", lanjutnya.
Agung, Peternak Cacing
Agung juga menuturkan dalam kurun waktu empat tahun berbudidaya Cacing, dia sudah menaguk untung lebih dari modal awal, karena bibit yang di beli berkembang tidak beli indukan lagi.

Belum lagi keuntungan yang di dapat Agung dengan menjual eceran bibit Cacing budidayanya. Harga bibit cacing perkilo dia jual Rp60.000.

Dalam berbudidaya Cacing, ternyata banyak jenis yang bisa di budidayakan seperti, Eisena Fetida (african tiger), Lumbricus Rubellus(cacing ekor kuning), Eudilus Eugenia(african nightcraweler) biasanya Cacing ini dibudidayakan hanya diambil casingnya, PerionyxExavacus( cacing lokal), Pheretima.sp(cacing khoot), Methapire Longa(cacing sondari), Tubifex.sp (cacing sutra/luur).

Banyak potensi yang bisa di kembangkan dalam budidaya Cacing, namun perhatian dari dinas terkait sampai saat ini belum maksimal kepada Petani Cacing sendiri. Baik itu perhatian pendampingan,pasar, maupun permodalan.(in)

0 komentar:

Post a Comment

MEDIA GROUP